Pangdam III/Siliwangi : Mari Rapatkan Barisan Untuk Jadikan Citarum Beranda Rumah Kita

oleh

Bandung ,Suara pasundan,- Kodam III /Siliwangi TNI mengadakan silaturahmi.bersama pemerhati lingkungan beserta awak media dari berbagai media.cetak, online dan elektronik turut dihadiri Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, S.I.P., M.Tr (Han), Irdam III/Siliwangi, Asrendam III/Siliwangi para Staf Ahli Pangdam III/Siliwangi, Para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Kabalakdam III/Siliwangi, Dinas Lingkungan Hidup Prov Jabar, Kepala BBWS Jabar dan para undangan lainnya, (Pendam III/Siliwangi) para Komandan Sektor Satgas Citarum Harum Kodam III/Siliwangi di aula Siliwangi Makodam lll/Siliwangi Jln Aceh No. 69 Kamis.9/1/20.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A., mengatakan, Kita harus bersama-sama bergandengan tangan merapatkan barisan untuk membuat Citarum menjadi beranda depan rumah kita, karena tidak mungkin yang mengerjakan itu orang lain tentu kita yang ada disini. “ Pencapaian kinerja yang telah dilaksanakan oleh Satgas Citarum Harum yang selama 2 tahun telah berjalan, sesuai dengan amanat Perpres no 15 tahun 2108,tentang percepatan untuk pemulihan dan kerusakan didaerah aliran sungai Citarum saat itu pernah mendapat julukan sungai terkotor di Dunia.

“ Kita bisa lihat semua dari waktu ke waktu, untuk perkembangan proses perbaikan sungai Citarum yang sudah tercapai sekitar 25 % kita harus yakin sisa waktu ini kita agar bisa tepat untuk menyelesaikan tugas ini dengan baik.” ujarnya.

Pangdam menghimbau, kepada Satgas Citarum Harum memiliki waktu 5 tahun, kedepannya saya menekankan akan bekerja lebih cepat semaksimal mungkin agar sebelum 5 tahun program Citarum Harum agar selesai agar selanjutnya bisa dilimpahkan kepada pemangku jabatan Daerah masing masing agar bisa memelihara serta dirawat apa yang sudah dikerjakan oleh anggota yang bergerak ditiap sektor Satgas Citarum Harum.

Pangdam lll/Siliwangi , mengklaim sesuai pengamatan dirinya Sungai Citarum sudah ada progres cukup lumayan jika dihitung persentase nya telah tercspai 25 % akan Tetapi semua itu masih jauh dikarenakan masih ada sekitar 75 % dan kita punya waktu hanya 5 tahun, dengan sisa waktu yang ada kita agar lebih bisa untuk meningkatkan kinerjanya” katanya

Selain untuk melakukan pengerukan sedimentasi, dan pelebaran sungai Citarum akan terus dilakukan. Selain untuk memperbaiki kinerjanya setiap bulannya Satgas Citarum akan melakukan evaluasi.
“Setiap bulannya akan kita evaluasi apa yang menjadi kekurangan kita harus bisa untuk perbaiki. Pada tiap triwulan rencananya nanti akan melakukan kegiatan silaturahmi seperti ini sehingga kita bisa menerima masukan-masukan dari masyarakat, dari LSM, maupun dari yang lainnya,”ujarnya.

Pada musim hujan ini, Pangdam berpesan kepada warga yang berada di area bantaran sungai Citarum agar bisa menjaga keindahan lingkungan sekitarnya, dan lebih menekankan kepada warga tidak boleh membuang sampah ke sungai akan dikhawatirkan bisa menyebabkan banjir dan akan kita berikan sanksi. Selain itu, dirinya juga meminta setiap Dan Sektor Satgas Citarum Harum agar untuk lebih giat lagi melakukan pegawasan serta untuk edukasi kepada warga” pungkasnya . (T60)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 17 =